Fresh Enrichment Program

FEP (Fresh Enrichment Programmerupakan serangkaian kegiatan orientasi yang bertujuan untuk membantu Binusian baru dalam beradaptasi terhadap sistem, peraturan, dan cara belajar di dunia kampus.

WEB-BANNER-FEP-BINUSIAN-2020-portrait

Ada 3 konten yang akan dibahas disini, yaitu:

1. General Orientation

GO (General Orientation) adalah sebuah tahap awal dimana para mahasiswa baru Binusian diajak untuk mengenal dunia perkuliahan terlebih dahulu. Karena tidak semua hal sama dengan SMA, mulai dari peraturan, organisasi kemahasiswaan, registrasi perkuliahan dan semacamnya.

Saat mahasiswa baru mengikuti GO maka mereka akan dibimbing oleh BC (Buddy Coordinator) dimana BC ini adalah kakak kelas kita yang telah lebih dahulu merasakan FEP.

GO ini berlangsung selama 6 hari dan di hari terakhir akan diadakan acara bernama Expo dimana semua HMJ (Himpunan Mahasiswa Jurusan), dan UKM (Unit Kegiatan Mahasiswa) bersama promosi mengundang mahasiswa baru untuk masuk ke dalam organisasi mereka. Saat kita bergabung, ada organisasi yang meminta pungutan biaya, ada pula yang gratis.

2. Organization Skill

Organisasi merupakan suatu hal yang tidak dapat dipisahkan dalam kehidupan perkuliahan. Sebagai seorang mahasiswa yang baik, alangkah lebih baik jika kita menjadi mahasiswa yang aktif dan berguna bagi siapapun. Di Binus, kita pun di tuntut untuk dapat berpartisipasi aktif dalam berorganisasi, karena selain untuk menambah Poin SAT, mengikuti organisasi juga membuat kita melatih soft skills, seperti kepribadian dan kepemimpinan.

Sebagai contoh, saya pribadi merasakan manfaat memasuki HIMTI sebagai organisasi kumpulan anak IT, walaupun saya belum resmi menjadi seorang aktivis, tetapi rasa kekeluargaan dan cara mereka berinteraksi membuat saya ingin mengenal mereka lebih jauh. Walaupun ada yang jauh lebih tua dari saya, saya tidak merasakan adanya keangkuhan senioritas kepada para junior 🙂

3. Academic Orientation

AO (Academic Orientation) adalah tahap lanjutan setelah dilakukannya GO, dan disini kita diajak untuk langsung mengenal kurikulum untuk masing-masing jurusan. Tidak hanya itu, kita akan langsung mencoba dunia perkuliahan dengan mendengar langsung dari dosen pengajar, agar mahasiswa baru terbiasa dengan dunia perkuliahan.

AO ini berlangsung selama 2 minggu, dan kita diajak untuk dapat menyesuaikan jadwal kuliah yang berbeda sekali dengan masa SMA. Perkuliahan yang sebenarnya akan kami hadapi pada tanggal 19 September 2016 mendatang. Wish us tons of luck!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *